Jumat

Arti Sebuah Kartu Nama


Oleh: M Rizal Edwin

KARTU NAMA, selembar kertas berukuran 9cm x 5cm bahkan lebih kecil yang bisa membuat Anda dikenal dan menjadi identitas Anda. Selembar kertas yang bisa menaikkan prestise Anda bahkan menurunkan kehormatan Anda. Wah kenapa seperti itu?
Baik, kita akan sedikit membahasnya walau tidak begitu komprehensif bahkan secara lengkap. Kali ini kita akan membahas secara ringkas namun mencakup inti dari judul tulisan kita kali ini.
Bagi anda seorang pebisnis, profesional dan profesi-profesi lainnya yang menuntut Anda untuk mudah dikenali, dicari kembali, dibutuhkan suatu saat (sesuai dengan pekerjaan Anda) maka kartu nama sangat Anda butuhkan. Percaya ataupun tidak, selembar kertas itu akan menjadi masa depan Anda kelak.
Sebagai contoh seorang fotografer, ia membutuhkan selembar kartu nama yang sangat menarik desainnya, biasanya ada sedikit 'identitas' pekerjaan di sana yaitu dengan adanya gambar atau foto klien-klien yang pernah menjadi konsumennya, seperti foto model atau foto prewed.
Begitu juga dengan pengusaha furnitur misalnya. Semestinya ia membuat desain sebuah kartu nama yang menampilkan identitas berupa gambar furniturnya. Dan profesional-profesional lainnya. Jadi, sebuah identitas sangatlah penting untuk kita masukkan ke dalam kartu nama kita yang mana kelak kartu nama itu akan menjadi pengenal bagi kita.
Nah, jika kita tarik sebuah kesimpulan pertama yang paling harus kita perhatikan pertama adalah masalah desain kartu nama. Menurut saya banyak sekali orang yang salah dalam menciptakan kesan sebuah kartu nama yang sangat biasa-biasa saja.
Percaya atau tidak, walaupun kartu nama yang Anda berikan tidak begitu ia butuhkan (jasa/produk) saat itu, namun percayalah, kartu nama itu akan menjadi koleksi pribadinya. Dan kita berharap, suatu saat ia akan membukanya dan membutuhkan (jasa/produk) kita. (*)
*) Penulis adalah Notivator di Gerai Motivasi dan Ketua Bid. V HIPMI Kalbar 

sumber : http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=91760

4 komentar:

  1. Kartu nama memang penting tuh terutama untuk para wirausaha. Zaman memang sudah digital tapi bentuk identitas yang dicetak amsih dibutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat benar Sdri LILIS, kartu nama merupakan bentuk marketing Konvensional yang tak akan lekang oleh waktu :)

      Hapus
  2. koleksi kartu namanya keren keren bos.. !!

    BalasHapus
  3. Desain kartu nama gampang di kerjakan di komputer. Tapi untuk proses cetaknya yang lumayan agak rumit.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Cetak | Percetakan | Design by Cetak Murah | Percetakan Murah - Percetakan Murah Jakarta | Partnership by Mobil Indonesia