Jumat

Arti Sebuah Kartu Nama


Oleh: M Rizal Edwin

KARTU NAMA, selembar kertas berukuran 9cm x 5cm bahkan lebih kecil yang bisa membuat Anda dikenal dan menjadi identitas Anda. Selembar kertas yang bisa menaikkan prestise Anda bahkan menurunkan kehormatan Anda. Wah kenapa seperti itu?
Baik, kita akan sedikit membahasnya walau tidak begitu komprehensif bahkan secara lengkap. Kali ini kita akan membahas secara ringkas namun mencakup inti dari judul tulisan kita kali ini.
Bagi anda seorang pebisnis, profesional dan profesi-profesi lainnya yang menuntut Anda untuk mudah dikenali, dicari kembali, dibutuhkan suatu saat (sesuai dengan pekerjaan Anda) maka kartu nama sangat Anda butuhkan. Percaya ataupun tidak, selembar kertas itu akan menjadi masa depan Anda kelak.
Sebagai contoh seorang fotografer, ia membutuhkan selembar kartu nama yang sangat menarik desainnya, biasanya ada sedikit 'identitas' pekerjaan di sana yaitu dengan adanya gambar atau foto klien-klien yang pernah menjadi konsumennya, seperti foto model atau foto prewed.
Begitu juga dengan pengusaha furnitur misalnya. Semestinya ia membuat desain sebuah kartu nama yang menampilkan identitas berupa gambar furniturnya. Dan profesional-profesional lainnya. Jadi, sebuah identitas sangatlah penting untuk kita masukkan ke dalam kartu nama kita yang mana kelak kartu nama itu akan menjadi pengenal bagi kita.
Nah, jika kita tarik sebuah kesimpulan pertama yang paling harus kita perhatikan pertama adalah masalah desain kartu nama. Menurut saya banyak sekali orang yang salah dalam menciptakan kesan sebuah kartu nama yang sangat biasa-biasa saja.
Percaya atau tidak, walaupun kartu nama yang Anda berikan tidak begitu ia butuhkan (jasa/produk) saat itu, namun percayalah, kartu nama itu akan menjadi koleksi pribadinya. Dan kita berharap, suatu saat ia akan membukanya dan membutuhkan (jasa/produk) kita. (*)
*) Penulis adalah Notivator di Gerai Motivasi dan Ketua Bid. V HIPMI Kalbar 

sumber : http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=91760

Kamis

fungsi dan tips membuat brosur

tags : cetak brosur
fungsi brosur, tips membuat brosurfungsi dan tips membuat brosur

Apa itu Brosur?

Brosur atau sebagian orang menyebutnya dengan pamflet adalah selebaran (selembar kertas) yang berisi informasi tentang suatu produk atau jasa dari sebuah perusahaan, organisasi, yayasan atau informasi lainnya yang disusun secara sistematik. Yang hanya terdiri dari beberapa halaman yang dilipat tanpa menggunakan jilid..

Dimana biasanya orang dapat menemukan Brosur ?

Brosur paling sering ditemukan pada tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang banyak. Di mall kita sering menjumpai Brosur berisi deskripsi tentang suatu produk yang dijual disana. Di museum kita mendapatkan Brosur yang berisi informasi tentang barang-barang yang dipamerkan di museum tersebut. Di tempat wisata kita menjumpai Brosur yang menyampaikan apa saja yang ada di tempat wisata tersebut, serta event yang akan dilaksanakan disana. Di klinik kesehatan serta rumah sakit anda mendapatkan Brosur yang memberikan bantuan dan nasihat yang berhubungan dengan kesehatan anda. Di bank pun anda bisa menemukan Brosur yang berisi produk bank tersebut seperti tabungan, asuransi dan lainnya. Brosur hampir bisa ditemui di semua tempat yang ramai dikunjungi orang. Terkadang ada pula perusahaan yang menyuruh pegawainya ataupun menyewa orang untuk menyebarkan Brosur ke rumah-rumah ataupun ke tempat yang lebih sepi, untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Lalu apakah fungsi Brosur ?

Brosur memiliki beberapa fungsi diantaranya : Informatif : Brosur biasanya digunakan untuk memberitahukan kepada semua pelanggan ataupun calon pelanggan yang potensial tentang perusahaan anda, produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan anda, ataupun perubahan terbaru tentang perusahaan anda. Yang dijelaskan secara singkat. Advertising : Brosur merupakan salah satu bagian yang sangat penting sebagai media mengiklankan satu ataupun beberapa produk yang anda jual ataupun jasa yang dapat anda berikan kepada calon pelanggan anda. Identifikasi : Design Brosur yang sangat baik, yang memungkinkan digunakan pada setiap Brosur yang hendak anda keluarkan. Akan memudahkan calon pelanggan mengenali perusahaan anda. Memberikan prestise dan kredibilitas bagi perusahaan anda. Dan memudahkan anda untuk melakukan kampanye "iklan" bagi setiap produk yang akan anda jual.

Apa yang harus ada dalam sebuah Brosur ?

Judul Brosur : Judul Brosur harus menarik, harus bisa merebut perhatian dan informatif. Judul yang baik biasanya menyertakan satu keuntungan bahwa orang yang membaca akan memperoleh keuntungan dari produk atau jasa yang anda tawarkan. Ini hanya sebagai gambaran, terdapat pengurangan ataupun penambahan pada beberapa bagian yang disebutkan disini. Yang disebutkan disini hanya "yang biasanya" ada dalam sebuah Brosur.

Tips membuat Brosur !

Photo dan gambar yang menarik. Photo dapat menarik pandangan mata dan imajinasi pembaca. Photo yang menceritakan suatu produk ataupun jasa yang akan anda jual. Hampir semua orang menyukai photo dibandingkan dengan kata-kata yang sangat panjang. Singkat dalam mendeskripsikan produk dan jasa. Hampir setiap orang cenderung ingin mengetahui secara cepat tentang apa yang ditawarkan dan mereka mudah bosan dan mungkin saja langsung membuang Brosur yang berisi kata-kata terlalu banyak. Mereka hanya melihat sekilas, dan menyimpannya jika informasi tersebut menarik perhatian mereka.


Cetak | Percetakan | Design by Cetak Murah | Percetakan Murah - Percetakan Murah Jakarta | Partnership by Mobil Indonesia